Selasa, 19 Februari 2008

Internet


Tips berlangganan internet

Internet sudah tidak asing lagi saat ini. Pemerintah bahkan sudah mencanangkan adanya program “Internet Goes To School”. Dengan internet, kita bisa browsing, download, upload, pokoknya banyak hal yang bisa kita dapatkan dari internet. Saat ini layanan internet bisa kita akses dari rumah sendiri lho.. syaratnya cukup memiliki komputer. Selanjutnya, bagi yang mau langganan layanan internet bisa memilih mau akses internet dengan telepon kabel atau pakai jaringan seluler seperti yang digunakan untuk handphone.
Sekarang sudah banyak pilihan layanan akses internet berlangganan yang bisa kita pilih. mau yang pakai telepon kabel sebagai media akses, pakai Wave LAN atau pakai jaringan seluler yang sekarang mulai banyak ditawarkan provider seluler. Apapun provider atau media akses yang dipilih, ada saatnya kita dihadapkan kepada alternatif cara pembayaran. Mau pilih langganan internet berdasarkan jumlah Mbyte data yang kita pakai? Atau berdasarkan jumlah jam akses ?
Jika dihadapkan kepada dua pilihan di atas, jangan bingung untuk memilih salah satunya. Kuncinya hanya satu, kenali diri sendiri!Ya, kita harus mengenali seperti apa tipikal diri kita dalam menggunakan layanan internet akses.
Tipe Pen-download
Apakah kita lebih sering mendownload sebuah konten di internet? Konten di internet bisa berupa software/aplikasi, gambar, video, lagu, literatur, dll. Jika kita bertipe seperti ini, jangan ragu untuk memilih layanan berbasis waktu (time based). Jenis layanan ini hanya menjadikan waktu sebagai dasar pentarifan. Artinya, seberapapun besar ukuran file yang kita download serta seberapapun sering kita melakukannya, kita tidak akan terbebani perasaan over quota data (melebih batas yang biasanya diukur dari berapa maksimum Mbyte yang bisa kita pakai dalam sebulan (model volume based). Dengan perkiraan kita menggunakan layanan-layanan akses internet broadband yang sekarang ini banyak ditawarkan (Speedy, 3,5 G, dll), maka waktu yang kita pakai untuk mendownload file besar adalah relatif cepat.
Tipe Pem-browsing
Browsing dalam hal ini adalah sebuah aktifitas berselancar, menjelajah, membaca dengan seksama, berpindah dari satu site ke site lainnya serta yang paling penting adalah sangat sedikit aktifitas untuk mendownload konten-konten di internet. Apabila kita adalah tipikal ini, maka jangan ragu untuk memilih paket layanan berdasarkan volume data (volume based). Sudah pasti kita adalah tipe yang suka berlama-lama ”on” di internet sehingga kalau kita memilih jenis ”time based” maka dalam hitungan hari quota layanan internet kita akan habis atau over quota.
Kesimpulannya, berpikirlah kebalikannya. Butuh data (download) yg besar dan sering, pilih time based. Ingin berlama-lama dan selalu “on” berinternet, pilih data/volume based. Ada provider yang menawarkan cukup dengan Rp.75.000,- (bayar sekali dimuka) kita bisa memilih jenis layanan apakah yang abonemen (biaya bulanan) dan quotanya sesuai dengan kebutuhan kita. Atau dengan hanya membayar Rp. 200.000,- per bulan untuk memilih paket volume based dengan quota 1 Gbyte per bulan atau time based dengan quota 50 jam akses per bulan. Apabila tetap masih kurang, maka kelebihan quotanya hanya seharga Rp. 500,-/Mbyte (volume based) serta Rp. 25,- per menit atau Rp.1.500,- per jam. Cukup murah, bukan?
Untuk lebih jelasnya, ada baiknya teman-teman bisa melihat dan membaca langsung pada website-website provider internet yang memberikan fasilitas layanan internet.

Tidak ada komentar:

Clock "WIB"

welcome to my blog

selamat datang di blog saya!!!!!!!!
kemungkinan saya belum bisa banyak posting karena saya masih sibuk dengan urusan sekolah "persiapan UN" jadi sekitar 3 bulan kedapan baru bisa posting,,,,,
dan terima kasih sudah mengunjungi blog saya....
bagi anda yang berminat mengirimkan tulisan di blog saya silahkan kirim ke sini wira.sanj@gmail.com nanti akan saya posting!!!!