Kamis, 14 Februari 2008

Habitat Pesut

pesut di kabarkan terancam punah,habitat pesut mahakam (orcaella brevirostris). mamalia air tawar ini telah masuk appendiks II convention an international trade in endangered species of wild fauna and floura (CITES), sebagai hewan yang terancam punah. selama ini pesut mahakam hanya diketahui berada sepanjang perairan sungai mahakam,danau jempang,danau semayang dan danau melintang kalimantan timur. pada 10-12 januari 2008 telah berhasil terekam melalui kamera video dan kamera digital 7 ekor pesut. pertama kali muncul ke permukaan air sungai di perairan teluk sesino,satu ekor pesut muda dengan dua kali loncatan kecil namun hanya tampak punggung dan sirip bagian atasnya. berikutnya baru terlihat enam ekor di perairan lubok langit,sesayap. keberadaan pesut sudah di ketahui sejak dahulu kala,mereka menamakannya lamud. dalam bahasa suku tidung yang artinya lumba-lumba.

Tidak ada komentar:

Clock "WIB"

welcome to my blog

selamat datang di blog saya!!!!!!!!
kemungkinan saya belum bisa banyak posting karena saya masih sibuk dengan urusan sekolah "persiapan UN" jadi sekitar 3 bulan kedapan baru bisa posting,,,,,
dan terima kasih sudah mengunjungi blog saya....
bagi anda yang berminat mengirimkan tulisan di blog saya silahkan kirim ke sini wira.sanj@gmail.com nanti akan saya posting!!!!